Headlines News :
Home » , » Pontianak Kota Setan

Pontianak Kota Setan

Written By NATALIUS ABIDIN on Jumat, 08 April 2011 | 11:51:00 AM


Pontianak ? Siapa orang Indonesia yang pernah duduk di bangku SD tidak mengetahui kota Pontianak ?
Saya yakin sebagian besar mengenalnya sebagai ibukota sebuah provinsi di bagian barat pulau Kalimantan. Kota yang didirikan padaa tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman inipun dikenal karena posisinya yang tepat berada di tengah-tengah bumi jika ditilik dari arah utara-selatan atau lebih tepatnya disebut berada di garis khatulistiwa, oleh karena itu dikota ini pun berdiri sebuag Tugu Khatulistiwa sebagai penanda hal tersebut. Oleh karena letaknya berada di garis khatulistiwa, dikota ini terjadi suatu fenomena alam yang sudah barang tentu tidak ada di kota lain yakni peristiwa kulminasi matahari, yakni peristiwa dimana matahari tepat berada sejajar dengan garis khatulistiwa yang mengakibatkan tidak akan nampak bayangan dikanan-kiri kita jika berdiri tegak (alias jatuh tepat dibawah kaki kita) yang terjadi 2 kali dalam setahun yakni diantara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, dimana akan di adakan perayaan rutin yang diselenggarakan oleh pemerintah kota di lingkungan tugu khatulistiwa, karena itulah kota ini juga dijuluki sebagai zamrud khatulistiwa. Bagi para pelancong yang terbiasa di daerah dingin siap-siap saja jika bepergian ke kota ini, panas terik akan anda rasakan (maklum kota ini di daerah khatulistiwa), tetapi tenang saja di sini anda masih bisa menemukan banyak kawasan hutan yang teduh untuk menghindari teriknya panas dan bersantai sejenak sambil mencicipi es lidah buaya yang merupakan salah satu minuman khas kota ini, karena di Pontianak juga terdapat Aloevera center, yaitu tempat pengembangan dan budidaya lidah buaya, yang ternama di Indonesia.
Selain itu jika anda pernah belajar ilmu bumi, anda akan mengenal sebuah kata yakni 'KAPUAS'. Ya, tepat Kapuas adalah nama sebuah sungai yang dikenal karena merupakan sungai terpanjang di Indonesia, mengalir melintasi kota ini, eksotis bila bersantai ria di sore hari ditepian sungai kapuas, ditengah hiruk-pikuk kota yang sedang berkembang ini.
Bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh budaya masyarakatnya, anda juga bisa bertandang ke Keraton Kesultanan Kadariyah Pontianak, Museum Provinsi, Rumah Adat Dayak (Betang), maupun Rumah Adat Melayu, anda akan menemukan eksotisnya budaya masyarakat Kalimantan Barat secara umum ditempat-tempat tersebut. Setelah anda puas menikmati suasana di kota ini, anda dapat , menyicipi makanan khas maupun dan membawa pulang beraneka cendera mata untuk kerabat anda yang dapat anda peroleh di Aloevera center Siantan, kompleks stadion PSP ataupun di sepanjang jalan Tanjungpura dan Gajah Mada yang banyak menyediakannya.

Lha apa hubungannya dengan judul diatas? Ya, Pontianak sebetulnya adalah kota setan (mitosnya seperti itu) karena dahulu, pada saat Sultan Syarif Abdurrahman membawa pasukannya mendarat pertigaan sungai Kapuas dan sungai Landak, dan mendirikan kota ini dahulu banyak sekali terdapat Hantu atau setan Kuntilanak/Puntianak, nah makanya kota ini jadi bernama Pontianak. hiiiii serem.... Apa sekarang masih banyak bos? Udah nggak sekarang bentuknya bukan pontianak lagi, hantunya udah modern berbentuk manusia, bertaring tajam, pintar, dan menghisap darah, hehehe maksud saya hantu sekarang itu adalah manusia yang menjelma menjadi hantu/penjahat (kalo dulu kan hantu yang menjelma jadi manusia). Nah jika tuan-tuan dan nyonya bertandang ke kota ini hanya satu pesan saya, jangan minum air kapuas yah, nanti gak ingat pulang, hehehe beneran?? Maksud saya gak boleh karena gak dimasak gitu lho... (NA)
Share this post :

+ komentar + 5 komentar

Jumat, April 08, 2011

Orang-orang selalu memandang sebuah tempat dari suatu kejadian dan tentu salah satunya pontianak.
Bicara pontianak, sekarang adalah bagaimana mengubah keyword itu terutama di youtube, yang harusnya muncul tentang pontianak yang berhubungan dengan lokasi, tempat sampai wisata. Bukan tentang setannya loh. silahkan saja di coba di youtube...

Jumat, April 08, 2011

hahaha, iya benar juga ya. Tetapi selain itu kan orang-orang sudah padatahu bahwa Pontianak adalah nama Kota. Ayo kita rubah keyword tersebut, tentunya dengan upaya dong bukan dengan NATO ( No action Talk Only )

Sabtu, April 09, 2011

Mari kita galakkan merubah keyword Pontianak dengan yang indah, bersahabat dan nyaman bukan menyeramkan atas sebuah nama kebersamaan membangun citra Pontianak

Sabtu, April 09, 2011

Sip, makasih atas koment-komentnya, masukan yang baik.

Minggu, April 10, 2011

sory baru sempat mampir neh brow ane lagi mengelola web yg lain n masih ane proses ya neh ^^
www.moenasone.com
www.moenasone.info
www.moenasone.net
www.moenasone.co.cc
butuh suport tak usah koment, tengok aje xixi

Posting Komentar

Komentar anda mungkin benar, apa yang kutulis juga tidak salah bukan?

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KATA NATALIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger