Headlines News :
Home » , , » Tayan Hilir

Tayan Hilir

Written By NATALIUS ABIDIN on Sabtu, 25 Juni 2011 | 4:38:00 PM


Tayan Hilir, adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Kota kecil yang dilintasi jalan Trans Kalimantan dan jalur utama transportasi darat yang dilewati jika menuju Malaysia dari Pontianak maupun sebaliknya, serta dilintasi Sungai Kapuas ini, memiliki pesona tersendiri. Keseharian masyarakatnya yang sederhana, yang rata-rata bermata pencaharian sebagai petani maupun nelayan sungai yang menggantungkan hidupnya dari alam. Keselarasan hubungan masyarakat juga dapat dirasakan di kota kecil ini, masyarakatnya hidup secara berdampingan walaupun berbeda suku, ras maupun agama. Kota kecil yang bermula sejak berdirinya suatu kerajaan yakni Kerajaan Tayan pada abad ke 15 masehi atau sekitar tahun 1450 oleh Gusti Likar/Lekar yang merupakan putra Brawijaya dari kerajaan Majapahit. Salah satu peninggalan sejarah ini berupa Keraton Pakunegara Kesuma, yang terletak di Desa Pedalaman, yang kondisinya sedikit terawat, dengan menghadap ke Sungai Kapuas pemandangan di Keraton ini sangat menawan. Tepat di depan Keraton Pakunegara Kesuma terdapat tiga buah meriam yang bertuliskan tahun masehi 1698.Keraton Pakunegara Kesuma
Selain Peninggalan cagar Budaya Keraton Pakunegara Kesuma, hal yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Tayan, yang merupakan suatu pulau kecil yang berada di tengah Kungai Kapuas, yang sudah dihuni sejak lama, berisi pertokoan, dan pecinaan, dan apabila di musim kemarau dan sungai kapuas benar-benar surut, anda dapat mengunjungi pantai di Pulau Tayan Bagian Timur, yang apabila benar-benar kemarau bisa mencapai panjang 1 Km, dan dikunjungi oleh warga sekitar maupun warga dari kecamatan lain seperti Toba, Balai, Tayan Hulu, bahkan warga dari Sanggau.
Dalam hal kuliner, Kecamatan Tayan Hilir juga dikenal dengan Ikan Bakar, sebab di sini anda juga bisa menemukan keramba apung warga yang di  tempatkan di sungai Tayan maupun Sungai Kapuas, serta banyaknya terdapat kolam ikan milik warga setempat. Apakah anda tertarik untuk merngunjunginya? Silahkan !
SOURCE ( SUMBER )
Share this post :

+ komentar + 2 komentar

Kamis, Mei 12, 2016

Kunjungi juga
https://exprezznews.blogspot.co.id/?m=1

Kamis, Mei 12, 2016

Kunjungi juga
https://exprezznews.blogspot.co.id/?m=1

Posting Komentar

Komentar anda mungkin benar, apa yang kutulis juga tidak salah bukan?

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KATA NATALIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger